5
5 Bahaya Terparah Mengkonsumsi Narkoba, bahaya terparah narkoba
Sumber: Google

5 Bahaya Terparah Mengkonsumsi Narkoba

5 Bahaya Terparah Mengkonsumsi Narkoba - Mengkonsumsi Narkoba secara tidak langsung akan membunuh bunuh diri sendiri. Sebagai obat terlarang narkoba memiliki dampak negatif dari berbagai bidang. Sebagian orang mengetahui mengenai dampak yang timbul dari penggunaan narkoba. Namun, pada pada realitanya mereka sulit menghindari untuk mengkonsumsi narkoba.

Sudah banyak media yang menggembor-gemborkan mengenai bahaya dari narkoba, mulai dari media elektronik yang berupa televise, radio, internet ataupun yang lainnya. Maupun dari media cetak yang berupa surat kabar, majalah ataupun yang lainnya.

Indonesia sudah termasuk dalam keadaan yang genting narkoba, seperti yang pernah di bilangkan presiden RI ke 7 bahwa Indonesia sudah mengalami darurat narkoba. Sehingga kita harus memahami mengenai dampak yang timbul dari penggunaan narkoba.

Pengertian Narkoba

Narkoba merupakan suatu obat atau bahan yang dapat digunakan untuk membius dan dapat menghilangkan rasa sakit. Dalam peraturan yang dibuat pemerintah seperti yang dimuat dalam UU RI No 22 / 1997 tentang narkotika. Narkotika, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Dan sering diartikan sebagai NAPZA. Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Berikut adalah 5 dampak negatif terparah yang harus anda cermati dari penggunaan narkoba yang sudah mengalami kecanduan akut:

1. Gangguan Jiwa

Pemakaian narkoba berdampak serius pada kejiwaan pengunanya. Penggunanya akan mengalami ganguan mental sehingga penggunanya tidak dapat berpikir secara benar dan lurus. Seringkali pengguna narkoba akan sulit untuk berbicara dengan orang lain sehingga menimbulkan dirinya merasa tidak dapat percaya diri yang menimbulkan ia beranggapan tidak berguna bagi lingungan dalam sosial kemasyarakat

2. Kemandulan dan Impotensi

Bagi anda yang masih aktif menggunakan narkoba maka bersiap-siaplah untuk mengalami kemandulan atau impotensi.

3. Halusinogen, 

yaitu akibat yang berdampak pada seseorang yang sering melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

4. Pengguna kecanduan

Dampak pengaruh negatif pada para penggunanya dalam hal ini adalah akan merasaselalu ketagihan pada narkoba atau obat-obat yang dapat menenangkan jiwa. Sehingga akan melakukan berbagai cara agar terus bisa mengonsumsinya. Jika pemakai tidak bisa mendapatkannya, tubuhnya akan ada pada kondisi kritis (sakaw).

5. Menjadi malas dan prestasi belajar menurun

Bagi pelajar ataupun mahasiswa yang sudah aktif menggunakan narkoba sebagai kebutuhan dapat menyebabkan jiwa yang dulunya semangat dalam belajar ataupun menuntut ilmu. Sehingga dapat dijami orang yang sudah tergantung dengan narkoba maka ia akan merasakan rasa malas kemudian prestasi menyebabkan menurun.

Demikian artikel saya yang berjudul “5 Bahaya Terparah Mengkonsumsi Narkoba” semoga dapat mencegah kita dalam menghindari menggunakan narkoba. Dan harapannya setelah membaca artikel ini juga dapat mencegah saudara, adik ataupun lingkungan kita dari menghindarkan dari penggunaan narkoba.

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top