2
Hukum Membongkar Kuburan dan Memakamkan Jenazah dalam Satu Kuburan
Hukum Membongkar Kuburan dan Memakamkan Jenazah dalam Satu Kuburan - Sering kali dewasa ini kita menemukan beberapa kejadian di masyarakat mengenai pembongkaran makam dikarenakan beberapa hal. Ada kalanya pembongkaran kuburan dilakukan karena untuk dilakukan untuk mengindentifikasi jenazah demi proses penyidikan kepolisian. Dan ada juga yang mengatakan pembongkaran dilakukan dikarenakan mendapatkan mimpi kalau yang dikuburkan masih dalam keadaan hidup.

Dari problema tentang membongkar kuburan yang saya paparkan diatas, ternyata menimbulkan beberapa pertanyaan sebagaimana berikut.

Pertanyaan tentang Pembongkaran Makam

Hukum membongkar kuburan seseorang dan bagaimana hukum tentang memakamkan dua jenazah dalam satu liang lahat atau kuburan?

Jawaban tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut sebagaimana yang saya kutip dari buku Solusi Problematika Aktual Hukum Islam Keputuan Muktamar, Munas dan Konbes NU (1926-1999 M) sebagaimana berikut.

Jawaban tentang Pembogkaran Makam

Memindahkan mayit dari satu kuburan ke kuburan yang lain, haram hukumnya, kecuali karena darurat. Adapun mendobelkan kuburan di satu tempat, boleh hukumnya dengan syarat harus seagama dan sama jenis kelaminnya.

Hukum Mengubur 2 Jenazah berbeda kelamin

Haram menguburkan dua jenazah yang berbeda kelamin dalam satu liang lahat, kecuali antara keduanya terdapat hubungan kemahraman atau suami istri. Sebagian besar ulama’ mengatakan bahwa disunahkan untuk dikebumikan dua orang dalam satu liang. Pendapat ini sesuai dengan pernyataan dalam al-Raudhah. Disunahkan dalam keadaan normal untuk mengebumikan masing-masing jenazah pada liang kubur tersendiri. Dimakruhkan mengubur jenazah dua orang dalam satu liang, kecuali dalam keadaan darurat, seperti banyaknya orang yang mati karena wabah dan lainnya serta sulitnya menguburkan masing-masing di liang tersendiri.

Memakamkan 2 Jenazah dalam satu kuburan

Semoga artikel saya yang berjudul Hukum Membongkar Kuburan dan Memakamkan Jenazah dalam Satu Kuburan dapat bermanfaat bagi sobat pembaca King Ilmu. Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.



Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top