0

Tips Keharmonisan Pernikahan Menurut Agama Islam

Tips Keharmonisan Pernikahan Menurut Agama Islam, Tips Suami dan Istri
Tips Keharmonisan Pernikahan Menurut Agama Islam - Islam memandang pekawinan merupakan hal yang sakral. Perkawinan merupakan seruan agama yang harus dijalankan oleh manusia yang telah mampu berkeluarga. Perkawinan menimbulkan hak dan kewajiban bagi suami dan istri, serta perkawinan dilakukan untuk menyempurnakan separuh agama-Nya. Namun, banyak orang yang gagal menjalin hubungan suami dan istri sehingga menimbulkan perceriaan baik perkawinan yang baru atau sudah lama.

Tips Membina Harmonisasi Keluarga

Upaya mewujudkan harmonisasi hubungan suami istri dapat dicapai antara lain:
  1. Adanya saling pengertian, di antara suami istri hendaknya saling memahami dan mengerti tentang keadaan masing-masing, baik secara fisik maupun mental, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan
  2. Saling menerima kenyataan, Allah SWT telah menetapkan segala jodoh, rezeki dan mati, sehingga manusia harus bisa menerima kenyataan bahwa semuanya sudah diatur. Namun, Allah SWT telah memerintahkan pada manusia untuk berihtiar untuk mendapatkan jodoh, rezeki dan mati tadi.
  3. Saling menyesuaikan diri, penyesuaian diri dalam keluarga berarti setiap anggota keluarga berusah untuk dapat saling mengisi kekurangan yang ada pada diri masing-masing serta mau menerima dan mengakuikelebihan yang ada pada orang lain dalam lingkungan keluarga.
  4. Memupuk rasa cinta, untuk dapat mencapai kebahagiaan keluarga, hendaknya antara suami dan istri senantiasa berupaya memupuk rasa cinta dengan rasa saling menyayangi, mengasihi, menghormati serta saling menghargi dan penuh keterbukaan.
  5. Melaksanakan azas musyawarah, dalam kehiduan berkeluarga, sikap bermusyawarah terutama antara suami dan istri merupakan sesuatu yang perlu diterapkan. Dalam hal in dituntut siap terbuka, lapang dad, jujur, mau menerima dan memberi serta sikap tidak mau menang sendiri dari pihak suami atau istri.
  6. Suka memaafkan, di antara suami dan istri terus ada sikap kesediaan untuk saling memaafkan atas kesalahan masing-masing. Hal ini penting karena tidak jarang soal yang kecil dan sepele dapat menjadi sebab terganggunya hubungan suami dan istri yang tidak jarang dapat menjurus kepada perselisihan yang berkepanjangan.
  7. Berperan serta untuk kemajuan bersama, masing-masing suami dan istri harus bersedia saling membantu pada setiap usaha untuk peningkatan dan kemajuan bersama yang pada gilirannya menjadi kebahagiaan keluarga.

Demikian tulisan saya mengenai tips menjalin keharmonisan hubungan suami dan istri menurut agama islam. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top