0

Biografi AL-MATURIDIBiografi AL-MATURIDI, Biografi Singkat Al maturidi

Biografi AL-MATURIDI (Sumber: Istimewa)
Nama asli Al-Maturidi adalah Abu Mansur Muhammad bin Muhammad, beliau kelahiran Maturid, kota kecil di daerah Samarkand (wilayah Trmsoxiana di Asia Tengah atau sekarang Uzbezkistan), kurang lebih pada pertengahan abad ketiga Hijrah dan ia meninggal dunia di kota Samarkand pada tahun 333 H/944 M.

Ia mencari ilmu pada pertiga terakhir dari abad ketiga hijriyah, dimana aliran Mu’tazilah sudah mengalami kemundurannya, dan salah satu gurunya adalah Nasr bin Yahya Al-Balakhi (wafat 263 H). Pada masanya, negeri tempat ia dibesarkan menjadi area perdebatan antara fiqih Hanafiah dengan fiqih aliran Syafi’iyah, bahkan upacara-upacara kematian pun tidak terlepas dari perdebatan semacam itu, sebagaimana terjadi juga perdebatan atara fuqaha dan ahli hadits di satu pihak dengan aliran Mu’tazilah di pihak lain dalam soal-soal Theology Islam (Ilmu Kalam).

Karir pendidikan Al-Maturidi lebih dikonsentrasikan untuk menekuni bidang teologi daripada fiqih.Ini di lakukan untuk memperkuat pengetahuan dalam menghadapi faham-faham teologi yang banyak berkembang pada masyarakat islam, yang dipandangnya tidak sesuai dengan kaidah yang benar menurut syara. Pemikiran tersebut di tuangkan dalam beberapa kitab diantanya: Kitab Tauhid, Ta’wil Al-Quran, Makhaz Asy-Syara’i, Al-Jadl, Ushulfi Ushul Ad-Din, Maqalat fi Al-Ahkam Radd Awa’il Al-Abdillah li Al-ka’bi, Radd Al-Ushul Al-Khamisah li Abu Muhammad Al-Bahili, Radd Al-Imamah li Al-Ba’ad Ar-Rawafid dan Kitab Radd ‘ala Al-Qaramatah.
(Baca juga: Sejarah Ushul Fiqh)

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top