0
tips mudah untuk menikmati gerhana matahari, cara menikmati gerhana matahari total

Cara Mudah Menikmat Gerhana Matahari Total - Pada tahun 2016 negara Indonesia mendapat kenikmatan untuk melihat gerhana matahari total. Tepatnya pada tanggal 9 Maret langit-langit Indonesia akan gelap karena sinar matahari yang seharusnya memancarkan ke bumi ditutupi oleh bulan.

Gerhana matahari total diperkirakan akan melintasi Indonesia, kemungkinan anda yang berada di kota-kota ini: Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara melihat keindahan gerhana matahari total.
 Gerhana matahari
Pertanyaan yang muncul pasti akan mengatakan apakah kita saat melihat gerhana matahari total tersebut berbahaya atau tidak? Padahal sewaktu kita dulu saat orde baru diajarkan untuk tidak melihat gerhana matahari total.

Kalau kita tidak berhati-hati saat melihat Gerhana matahari total kita dapa mengalami kemalangan. Sebab sinar Matahari yang begitu terang dapat membakar retina mata dan membuat kebutaan. Dampak yang dapat ditimbulkan mengalami buta selama 2 hari hingga 3 bulan, atau kerusakan mata yang permanen atau buta selamanya. 
 

Berikut tips dari redaksi King Klmu untuk melihat gerhana matahari total

 
1. Gunakan kacamata Khusus

menggunakan kacamata yang telah dilengkapi oleh filter khusus untuk melihat matahari merupakan satu-satunya cara untuk melihat secara langsung. layaknya kacamata 3D, kacamata khusus ini dilengkapi material khusus untuk memotong cahaya matahari 100 ribu kali.

2. Proyeksikan matahari melalui teropong atau teleskop

Cara menggunakan teropong ini Tutup salah satu lubang pada teropong. Kemudian sobat mengarahkan lubang yang terbuka - bagian yang lebih besar - ke arah matahari. Selanjutnya sobat menaruh selembar kertas putih dengan jarak sekitar 30 cm dari teropong. Langkah terakhir sobat harus mengatur ketajaman gambar.

Demikian artikel dari kami semoga tips mudah melihat gerhana matahari total dapat bermanfaat bagi sobat semua ya. Good luck sobat yang menikmati gerhana matahari total.

Sumber refrensi:
  1. infoastronomy.org
  2. viva.co.id
  3. metrotvnews.com
  4. tempo.co
  5. detik.com


Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top