0
Pngertian dan Hikmah haji bagi jiwa raga

Hikmah adalah makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa. Hikmah biasanya berupa kandungan positif yang muncul dibalik suatu peristiwa. Didalam setiap ibadah,apalagi ibadah dalam agama islam selain merupakan bentuk pengabdian dan kepasrahan terhadap allah,juga merupakan proses pembinaan diri,peningkatan kualitasiman dan ketaqwaan kepada allah.

Hikmah dan manfaat ibadah ada yang di jelaskan secara khusus dalam alquran dan hadist dan lebih banyak lagi yang dapat dirasa oleh seseorang yang mengamalkanya.ibadah haji mengandung hikmah dan manfaat diantaranymalkanya.ibadah haji mengandung hikmah dan manfaat diantaranya :

  1. a. Hikmah yang utama adalah sebagai bentuk penyerahan diri secara sunguh sunguh kepada allah. Ibadah haji merupakan ibadah yang kompleksbaik yang bersifat materi atau immateri,perjalanan ibadah haji baik dari manasik hingga kepulangan di tanah air menyimpan kenangan yang indah.sebuah kepuasan ritual bagi seorang anak manusia yang mendekatkan diri kepada-Nya.
  2. b. Hikmah ibadah haji yang lain adalah untuk memperoleh ketenangan batin. Kita mengenal orang yang selalu emosi,strees atau tidak stabil jiwanya ketika menunaikan ibadah haji maka akan tenang jiwanya.
  3. c. Hikmah terbesar dalam ibadah haji adalah untuk lebih memantapkan aqidah dan keyakinan terhadap kebesaran dan keagungan allah.Dengan menyaksikan semua kebesaran allah maka iman dam aqidah kita menjadi kuat.insyaallah kedepan aqidah yang kuat tersebut akan menjadi bekal utama kita menjalani hidup makin bertambah baik di tanah air.

Tentu saja masih banyak hikmah lain yang bisa dirasakan masing masing setiap jamaah haji.Misalnya ada seseorang yang berkenalan dengan muslim dari Negara lain sehingga dapat mengetahui budaya dan kondisi kaum muslim di Negara lain,yang jelas semuanya meningalkan kesan yang mendalam dan hikmah yang luar biasa besarnya.Pantas allah menganjar meraka yang menunaekan ibadah haji dengan ihklas dan benar dengan surga dan kesucian diri bagaikan bayi yang baru lahir dari ibunya.

Selain dari ibadah haji secara keseluruhan , kita dapat memetik masing masing bgian dari ibadah di dalamnya seperti thawaf,wukuf,dan sebagainya.

a. Hikmah Ihram

Ihram berati niat untuk memulai ibadah haji di tempat miqat.ketika ihram ada beberapa hal yang diharamkan sehingga kita tidak boleh melakukannya,ihram di tandai dengan memakai pakaian putih tak berjahit dua helai,bagian atas dan bawah.ini menunjukan kesucian diri mereka bak mayat yang megenakan kain kafan.ihram menujukan kepasrahan terhadap allah,bentuk kepasrahan tersebut harus terbawa sampai ke tanah air dan kehidupn seorang haji, Oleh karena itu sepantasnya seorang haji tidak boleh sombong,membangakan diri(apalagi atas titel hajinya) mengantungkan diri kepada manusia dan jauh dari sifat tawakal.

b. Hikmah Thawaf

Thawaf yaitu mengelilingi ka’bah tujuh kali melambangkan sebuah proses perjuangan untuk mencapai suatu tujuan. Ketika thawafkita mengelilingi ka’bah ,baitullah.juga dalam prosesitersebut kitaakan melewati hajar aswad ,multazam,pintu ka’bah,rukun yamani,maqam Ibrahim,hijir ismail dan sumur zam zam(sekarang sudah ditutup). Tempat tempat tersebut memberikan hikmah tersendiri apabila kita mampu mendalami maknanya.

c. Hikmah Sa’i

Sa’i yaitu melakukan perjalanan dimulai dari bukit shofa ke bukit marwa juga melambangkan suatu untuk memperoleh sesuatu.larimengejar keatas gunung shafa dan marwa.Dan kemudian menatap Baitullah lalu turun kembali,dan pada kedu-duanya tidak di dapatkan sesuatu,ketika dalam keadaan itu kita lebih baik pasrah total terhadap allah.Proses sa’i jugaakan mengingatkan sesorang jamaah haji untuk bersyukur terhadap allah,berterima kasih terhadap orang tuanya,lebih lebih kepada ibunya yang telah membesarkan dan mendidikna demi membahagiakan anaknya.

d. Hikmah Tahallul

Tahallul artinya menghalalkan apa apa yang sebelumnya di haramkan ketika kta ihram, ada beberapa yang diharamkan.maka dengan tahallul hal tersebut mendjadi halal. Tahallul ditandai dengan mengunting rambut. Bagi pria bisa potong tiga helai atau sampai gundul. Sedangkan untuk wanita rambut dipotong secukupnya.tahalul dapat di artikan membuang daki dosa atau kotoran dosa.

e. Hikmah Wukuf

Kesempatan waktu yang hanya beberapa saat saja(sejak waktu zhuhur tanggal 9 Dzulhijjah sampai menjelang magrib tanggal 9 Dzulhijjah) hendaknya di manfaatkan sebaik baiknya . jemaah haji yang sangat beragam etnis dan kultur serta bahasa yang dipergunakanya berkumpul di satutempat yaitu arafah untuk melaksanakan salah satu rukun haji yang menentukan sah atau tidaknya suatu ibadah haji. Semua jamaah haji bebusana sama merka ihram. Sebuah simbolik ketiika semua manusia berkumpul di padang mahsyar.emua mlepas identitas identitas kebangsaan,status social, dan kebangaan dunia.mereka merendahkan diri dihadapan allah.permohonan ampunan terhadap allah.disadari betapa luas rahman dan rahim allah.kehormatan, kedudukan,pangkatdan status social serta kebesaran duniawi tidak lagi menjadi perhatian

.muwahhadah (kesatuan) ummat disadari dan dihayati,persaudaraan seiman dijiwai,kesetaraan dalam hidup dan kehidupan menjadi salah satu dasar aktifitas yang dilakukanya,silaturahim menjadi pendorong semangat gotong royong.Ada keyakinan bahwa setiap doa yang dimunajatkan yakin dikabulkan. Datang semangat melakukan amal kebajikan lebih dahsyat.

f. Hikmah Mabit

Usai wukuf di arafah ,jamaah haji menuju muzdalifah dan bermalam beberapa saat.kemudian melanjutkan perjalanan menuju mina,tempat nabi Ibrahim a.s. melaksanankan perintah allah untuk menyembelih putera tersayang(isma’il a.s.) ketika berada di muzdalifah salah satu kegiatan di sana adalah mengumpulkn batu untuk di lemparkan di mina besok paginya. Hikmah mabit di muzdalifah adalah mempersiapkan dan membekali diri untuk bersiap memerangi syetanmeskipun batu juga boleh di kumpulkan dimina ,namun pengambilan batu di muzdalifah menunjukan bahwa dalam berperang kita mempersiapan diri betul-betultanpa terburu-buru.

Batu ibarat senjata dan melempar jumrah dengan batu tersebut merupakan bentuk peperangan melawan syetan sebagai mana nabi Ibrahim melakukan pada zaman dulu.

g. Hikmah Jamarat

Dalam perjalanan menuju mina , nabi Ibrahim as. Dibujuk serta dirayu juga di goda setan agar Ibrahim as. Mengurungkan niatnya.Dan di setiap tempat iblis menggoda,Nabi ibrafim as dan ismail as. Melontarkan batu tertuju pada iblis sebagai bentuk perjuangan dan perlawanan pada setiap bujuk rayu ibliz. Sekecil apapun kadar kebaikan dan ibadah yang dilakukan manusia,godaan iblis selalu saja dating.

Jumrah juga melambangkan perjuangan dahsyat untuk mencapai suatu tujuan memperoleh kasih saying allah dan terkutuknya setan, seseorang yang melakukan jamaraat dididik untuk pandai mencari peluang dan memanfaatkanya.

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top