0
amalan-amalan hari raya idul fitri
Info Ibadah, Amalan-amalan Sunnah saat Idul Fitri - Umat Muslim di seantro dunia memiliki dua hari raya besar yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Setelah kita melaksanakan puasa selama sebulan penuh di bulan ramadhan akhirnya kita menemukan hari yang bahagia yaitu hari raya idul fitri. Menjelang hari raya di indonesia banyak tradisi yang mengikutinya salah satunya yaitu mudik ke kampung atau tempat asal.

Kapan Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada 1 Syawal atau setelah kita berpuasa ramadhan selama 1 bulan penuh.

Shalat hari raya hukumnya adalah sunnah muakad bagi seluruh umat manusia. Namun, sunnah muakad tersebut akan terasa hampar kalau kita tidak melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan untuk menambah keutamaan hari raya idul fitri.

Berikut Amalan Sunnah Idul Fitri yang perlu anda ketahui dan amalkan


1. Membaca Takbir setelah sholat shubuh dan Sholat ‘Idul Fitri

2. Mandi Dahulu Sebelu Shalat

“Mandilah setiap hari engkau menghendakinya.” Kata orang itu, Bukan itu kumaksud, tapi mandi memang mandi (dianjurkan).

Ali Menjawab, “hari Jum’at, hari arafah, hari Nahr dan hari Fitri.”

Ibnu Qudamah mengatakan bahwa karena hari Ied adalah hari berkumpulnya kaum muslim untuk shalat, maka ia disunahkan untuk mandi sebagaimana hari jum’at.

3. Disunahkan Memakai Minyak Wanggi (bagi laki-laki)

Nafi’ menceritakan tentang Abdullah bin Umar Radhiyallahu’anhu saat hari raya: “Beliau shalat subuh berjamaah bersama imam, lalu dia pulang untuk mandi sebagaimana mandi janabah, lalu dia berpakaian terbaik, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang dia miliki, lalu dia keluar menuju lapangan tempat shalat lalu duduk sampai datangnya imam, lalu ketika imam datang shalat bersamanya, setelah itu dia menuju masjid Nabi Shallallahu’ Alaihi wa Sallam dan shalat dua rekaat, lalu pulang kerumahnya.”

4. Makan Terlebih dahulu sebelum berangkat sholat idul fitri

Disaat merayakan hari raya idul adha kita disunahkan untuk makan setelah melaksanakan sholat ided. Namun, kalau di hari raya idul fitri kita disunnahkan terlebih dahulu makan sebelum melaksanakan sholat idul fitri. Hal ini seperti yang didasarkan dengan hadits dari Anas Bin Malik yang meriwayatkan oleh Bukhari yang menyebut: “Nabi SAW tidak keluar dipagi hari raya idul fitri sehingga Nabi Muhammad SAW memakan biji kurma.....”

5. Melewati jalan yang berbeda saat pulang dan pergi

Dari jabir r.a berkata, “Adalah Nabi SAW. Apabila hari raya, melewati jalan yang berbeda (antara pulang dan pergi).” (Shahih: Al Misyah no: 1434 dan Fathul Bari II: 472 no: 968).

6. Menggosok gigi

7. Memakai baju paling bagus

Baju yang bagus berarti harus baru ya, kita pilih saja baju yang kita punyai yang paling laik untuk dipakai maka pakailah baju tersebut.

Demikian tulisan dari redaksi king ilmu mengenai amalan-amalan sunnah di hari Raya Idul Fitri, semoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin semua pembaca artikel king Ilmu.

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top