5
Cara Mengakses Informasi Anggaran Pemerintah dan Tantangan Advokasi Anggaran
Tantangan Advokasi Anggaran dan Cara Mengakses Informasi Anggaran Pemerintah - Pemerintah Pusat hingga tingkat terendah yaitu desa setiap tahunnya menyusun anggaran untuk dijadikan planning pembelanjaan dan pembangunan satu tahun kedepan. Hasil dari penyusunan anggaran tidak semua masyarakat mengetahui apa yang akan dilaksanakan satu tahun kedepan disebabkan dalam mengakses informasi masih ada tantangan advokasi anggaran yang selama ini dialami sebagai berikut:

- Banyak Data yang tidak tersedia dan tidak dapat diakses.
- Informasi yang ada tidak terintegrasi
- Format Dokumen tidak standar dan sulit dianalisa
- Banyak singkatan yang sulit dipahami
- Kesadaran Masyarakat tehadap isu anggaran masih rendah

Cara Mengakses Informasi Anggaran

Dalam mengakses informasi anggaran di pemerintahan ada proses yang harus dilaksanakan dan dilalui untuk mengakses informasi anggaran dari pemeintah mulai dari pemerintah desa hingga pusat. Berikut ada 3 langkah yang harus anda lalui:

Langkah 1 (Pertama):
- Ajukan permohonan secara tertulis dengan merinci jenis dokumen yang diminta kepada PPID (Pejabat Pengelola Informasi Publik) atau instansi terkait
- Minta bukti tanda terima surat permohonan

Langkah 2 (Kedua):
- Tunggu selama 10 hari kerja (dalam rentang waktu ini badan publik wajib memberi jawaban atas permohonan atau paling tidak memberitahukan perpanjangan waktu maksimal 7 hari)
- Setelah perpanjang an badan publik wajib memberikan jawaban

Langkah 3 (Ketiga) :
- Apabila di tolak maka pemohon dapat mengajukan surat keberatan kepada atasan PPID yang dimaksud.
- Setelah Paling lambat 30 hari kerja sesudah mengajukan surat keberatan terhadap atasan PPID, apabila dibaikan dan ditolak, maka pemohonan dapat melaporkan pada KI

Informasi Anggaran dapat Diakses

Dalam memperoleh informasi anggaran pemerintah tidak semua Informasi yang dapat diakses secara publik, disebabkan memang ada beberapa hal yang tidak dapat diakses oleh publik. Berikut ini adalah informasi yang dapat diakses untuk memperoleh infromasi anggaran:

Dokumen perencanaan:

- RPJP
- RPJM
- RKP
- Renstra
- Renja
- Daftar usulan musrenbang, berita acara dan daftar hadir
- Profil Daera (Kota dalam angka, pendidikan, kesehatan, dll)

 

Dokumen pembahasan:

- KUA/PPAS
- Surat edaran pagu
- RKA KL/SKPD
- RAPBN/RAPBD
- Nota Keuangan
- Tanggapan Fraksi atas nota keuangan, jawaban pemerintah atas tanggapan laporan keuangan dan proceeding rapat

 

Dokumen pelaksanaan

- APBN/APBD berikut penjabarannya
-DIPA ( Datar Isian Pelaksanaan Anggaran)
-DPA
-Dokumen tender
- Dok. Kontrak proyek
- Perubahan Anggaran
- Daftar Gaji PNS

 

Dokumen pertanggung jawaban

• Laporan Realisasi Anggaran (LRA, CALK dan Neraca)
• Laporan Keuangan Pemerintah
• Laporan Audit BPK
• Douken Pertanggungjawaban Anggaran
• Laporan Realisasi smt 1
Demikain artikel singkat yang redaksi sajikan tentang penganggaran, cara pengaksesan anggaraan ataupun tantangan advokasi anggaran selama ini. semoga dapat bermanfaat bagi pembaca budiman.

Post a Comment

  1. artikelnya sangat bermanfaat untuk mahasiswa seperti saya yang ingin mengetahui tentang anggaran daerah ataupun pemerintah.

    ReplyDelete
  2. artikelny sangat bermanfaat gan,,,,

    ReplyDelete
  3. Salah satu indikasi negara terhindar dari para koruptor adalah adanya transparansi anggaran. dan artikel ini sangat bermanfaat untuk dibaca.

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat bermanfaat di tengah-tengah negri yang korup

    ReplyDelete
  5. makash atas infonya mas bro

    ReplyDelete

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top