0
Cara bedakan berita hoax dan real - Kegelisahan dan kegaduhan masyarakat mengenai penyebaran Hax di social media maupun di dunia maya membuat saya membuat tulisan ini. Ada banyak berita hoax yang mulai di tebarkan media-media yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh visitor atau pengunjung di media tertentu. Tak jarang pula berita hoax juga banyak di kirimkan ke berbagai media social media seperti Grup WhatsApp untuk di tebarkan untuk membuat opini tertentu.

Kalimat-kalimat (Element Hoax)


Kalau kita biasa membaca berita terlebih dahulu atau meneliti beberapa berita hoax yang sering di terbakan pasti biasanya dapat membedaka. Kalimat-kalimat hoax biasanya bernada untuk mengajak untuk “VIRALKAN”, “SEBARKAN” maupun kalimat “SHARE ANDA MASUK SURGA”. Oleh sebab itu anda jika menemukan kalimat-kalimat tersebut sebelum mengshare ulang silakan lakukan beberapa langkah seperti ini.

1. Cek Sumber


Kalau masih agu erita tersebut hoax atau tidak silahkan cari berita yang sama dengan quote terakhir hoax, maka bila berita itu hoax maka akan di verivikasi berbagai sumber yang ada di Google maupun searching engine yang lainnya.

2. Cek Gambar dan Cek dengan Aplikasi


Kita dapat mengkrosck terlebih dahulu gambar yang ada berita yang diterima dengan cara mencarinya pada google image. Cukup anda mengdrag atau menarik gambar yang di tuju pada goggle image, maka akan muncul beberapa gambar tersebut hoax atau bukan.

Atau dengan cara menggunakan aplikasi Kamu pun bisa mengecek artikel hoax dengan aplikasi khusus bernama Hoax Analyzer. Untuk lebih lengkap, kamu bisa ke tautan berikut ini.

Pesan moral yang saya sampaikan pada bait kalimat ini, mari kita membedakan berita Hoax dan Real dengan seksama. Jangan jadi masyarakat yang mudah terprovokasi atau jadi kaum sumbu pendek dengan ikut serta menabuh kalimat Hoax di era milenia seperti sekarang.

Post a Comment

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top