3
Motif korupsi, modus korupsi, faktor-faktor korupsi, jenis-jenis pidana korupsi
Pengertian Korupsi, Dampak Korupsi dan Cara Mengatasinya - Masyarakat Indonesia bahkan dunia dapat dikatakan sudah akrab dengan jenis tindak pidana yang akan bahas kita kali ini yaitu Korupsi. Teori John Lock meyebutkan kalau penyokong dari Negara ada 3 badan yaitu eksekutif, legislative dan yudikatif. Namun, dari ketiga lembaga penegak hukum itulah kita menemuni permasalahan yang menjadi musuh bersama masyarakat Indonesia dan dunia yaitu korupsi. Tidak dapat dipungkiri dari ketiga lembaga yang seharusnya menjunjung hukum secara tinggi sudah merasakan goncangan akan dahsyatnya dampak negatif korupsi.

Kita sebagai masyarakat, mahasiswa, atau pelajar perlu mempelajari segala hal mengenai korupsi, mempelajari kal ini bukan berarti kita mempergunakan hal tersebut untuk berkorupsi melainkan mempelajari agar kita atau orang berasal dari keluarga kita terhindar dari perbuatan yang dapat menjerumuskan ke perilaku koruptif.

Pengertian Korupsi

Kata korupsi atau bahasa melayu menyebut rasuah berasal dari bahasa latin yaitu corruption yang berasal dari kata kerja corrumpere yang mempunyai arti busuk, suap dan rusak.

Secara epistimologi korupsi dapat diartikan sebagai tindakan seorang pejabat publik, politisi dan pegawai negeri sipil, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam tindakan yang tidak wajar dan ilegal menyalahgunakan publik kepercayaan kewenangan mereka untuk mendapatkan unilateral .

Ayat Al-Qur’an tentang Korupsi

Secara Eksplisit Al-Quran telah menyebutkan mengenai larangan untuk berkorupsi, oleh sebab itu saya akan menunjukan beberapa ayat yang menyatakan tentang larangan untuk berkorupsi, penyalagunaan amanat.

وَمَا كَانَ لِنَبِيٍّ أَن يَغُلَّۚ وَمَن يَغۡلُلۡ يَأۡتِ بِمَا غَلَّ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِۚ ثُمَّ تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفۡسٖ مَّا كَسَبَتۡ وَهُمۡ لَا يُظۡلَمُونَ ١٦١

Artinya:

Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَخُونُواْ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ وَتَخُونُوٓاْ أَمَٰنَٰتِكُمۡ وَأَنتُمۡ تَعۡلَمُونَ ٢٧

27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui

Dalam kehidupan seringkali manusia lupa akan batas-batas kekuasaan yang diberikan oleh rakyat kepada pejabat publik sehingga seringkali ia sebagai pejabat publik menggunakan kekuasaanya untuk memperkaya diri, kelompok atau organisasi.
Baca juga: Motif Tindak Pidana Korupsi di Indonesia

Jenis Tindak Pidana Korupsi

  • Memberi atau menerima hadiah atau janji (suap),
  • Penggelapan di kantor,
  • Pemerasan di kantor,
  • Perpartisipasi dalam pengadaan (untuk pejabat sipil / negara), dan
  • Remunerasi (untuk pejabat sipil / negara).

Dr. Andi Hamzah dalam disertainya menginventarisasi beberapa penyebab korupsi yaitu :
  1. Gaji pegawai negeri yangh tidak sebanding dengan kebutuhan yang semakin tinggi;
  2. Latar belakang kebudayaan atau kultur Indonesia yang merupakan sumber atau sebab meluasnya korupsi;
  3. Manajemen yang kurang baik dan kontrol yang kurang efektif dan efesien, yang memberikan peluan untuk korupsi;
  4. Modernisasi pengembangbiakan korupsi.

Dampak Korupsi

Tindak pidana korupsi dapat menyebabkan dampak negative yang parah terhadap suatu Negara ataupun yang menjadi tujuan pelaku korupsi tersebut. Mulai dari dampak perekonomian, politik, demokrasi dan lain-lain.

Dampak Korupsi Terhadap Perekonomian

Para akar ekonomi dan hukum sudah melakukan penelitian mengenai dampak korupsi terhadap perekonomian suatu bangsa. Berikut yang kami klasifikasikan dan jabarkan dari beberapa sumber.

1. Korupsi Mengurangi Daya Investasi

Para pemilik modal atau yang sering disebut sebagai investor pastikan berfikir untuk berulang kali untuk menanaman modalnya di Indonesia dan lebih memilih Negara lain yang lebih aman akan tindak pidana korupsi misalnya China dan Singapura. Konsukuesi yang didapat dari ketidak percayaan investor adalah mengurangi pencapaian actual growth dari nilai potential growth yang lebih tinggi. Berkurangnya nilai investasi ini diduga berasal dari tingginya biaya yang harus dikeluarkan dari yang seharusnya. ini berdampak pada menurunnya growth yang dicapai.

2. Korupsi menguangi dana Pendidikan dan Kesehatan

Pendidikan dan kesehatan merupakan tempat yang tepat utk menanamkan modal bagi bangsa ini dengan jangka panjang. Namun, kalau dana pendidikan dan kesehatan tidak dapat mendapat anggaran yang maksimal dari pendapatan Negara dikarenakan adanya anggaran yang digunakan untuk pribadi, kelompok atau corporation.

3. Korupsi mengurangi pedapatan pajak

Kita pasti ingat dngan pegawai pajak yang sekarang mendekam di jeruji penjar yaitu Gayus Tambunan. Ia duluya merupakan pegawai pajak yang menyelewengkan kekuasaanya untuk berkerjasama dengan para penyetor pajak yang nakal untuk memperkaya diri sendiri. Hal itu berdampak akan berkurangannya pendapatan Negara dari sektor pajak. 

Dampak Korupsi Terhadap Politik Negara

Korupsi membuat suatu Negara mendapatkan sebuah tantangan serisu darinya. Dalam dunia politik korupsi dapat merusak tatanan demokrasi dan good governance (pemerintahan yang baik) dengan menghancurkan proses formal. Secara umum, korupsi dapat mengikis kapasitas suatu kelembagaan pemerintah, karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau mengangkat posisi bukan karena prestasi. Pada saat yang sama, korupsi mempersulit pihak pemerintahan nilai demokrasi serta kepercayaan dan toleransi.

Hanya itu yang dapat sampai saya sampaikan mengenai korupsi dan akibat terhadap suatu Negara ataupun pemerintah. Komisi Pemberantasan Korupsi atau Lembaga anti rasuah tidak dapat bekerja secara maksimal ataupun memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya kalau dari kita tidak ikut memerangi korupsi. Ayow memerangi koupsi dari diri kita sendiri.

Post a Comment

  1. good artikl bos, semoga koruptor musnah dari bumi ini.

    ReplyDelete
  2. say No to Korupsi

    ReplyDelete
  3. Jauhkan negara ini dari korupsi ya Robbi

    ReplyDelete

Silahkan di Share kalau dianggap bermanfaat

 
Top